Laman

Minggu, 05 Desember 2010

Konfigurasi Gateway Jaringan Wireless Mesh OLSR dengan Jaringan Internet

Saya mempunyai jaringan Wireless Mesh yang menggunakan OLSR sebagai protokolnya. Jaringan Wireless Mesh saya mempunyai network 192.168.100.0/24. Jaringan internet di lab saya memiliki network 167.205.64.64/26. Saya ingin jaringan wireless mesh bisa berinternet ria, sehingga saya harus membuat gateway untuk menghubungkan antara jaringan Wireless Mesh dengan jaringan internet (dalam kasus ini, bukan jaringan internet publik, tetapi jaringan intranet kampus yang dapat terhubung ke jaringan internet publik melalui proxynya kampus)
Langkah pertama, Sediakan satu komputer yang memiliki interface ethernet dan wireless. Interface wireless sudah terkonfigurasi sebagai interface yang terhubung ke jaringan OLSR. Interface ethernet juga sudah terhubung sebagai interface yang terhubung ke jaringan internet. Komputer yang digunakan oleh saya bersistem operasi Ubuntu 8.04
Edit /etc/olsrd.conf . Uncomment beberapa baris tertentu sehingga seperti ini:
Hna4
{
#   Internet gateway:
0.0.0.0      0.0.0.0
#   more entries can be added:
#   192.168.1.0  255.255.255.0
}

# HNA IPv6 routes
# syntax: netaddr prefix
# Example Internet gateway:
Hna6
{
#   Internet gateway:
::     0
#   more entries can be added:
#   fec0:2200:106:: 48
}

Selanjutnya, Setting iptables
$sudo iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE
$sudo iptables -A FORWARD -i ath0 -o eth0 -j ACCEPT

Perintah pertama digunakan untuk me-NAT-kan paket yang keluar dari interface eth0
Perintah kedua digunakan untuk membolehkan paket forwarding dari interface wireless ath0 ke interface ethernet eth0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar